-->

Mahir Pengolahan Data Dgn SPSS 2

Ilmu Statistik Dasar


Dalam melakukan pengolahan data berbasis SPSS anda diharapkan memiliki pengetahuan yang mendasar tentang ilmu statistik. Hal ini akan membantu anda dalam pemaknaan berbagai tindakan yang akan dilakukan dan membantu dalam penginterpretasian hasil pengolahan data yang telah dilakukan. Beberapa pengetahuan dasar dapat dirinci sebagai berikut.

  1. Data

Data dimaksudkan sebagai bahan yang akan digunakan dalam rangka pembuktian terhadap fakta situasi dan kondisi namun data ini tidak dapat memberikan interpretasi yang lebih baik sebelum ada tindakan pengolahan dan penganalisaan yang sesuai dengan jenis data yang digunakan. Oleh sebab itu, pengetahuan akan jenis data sendiri akan membantu bagi seorang yang akan melaksanakan pengolahan data.

Jenis data pada umumnya dibedakan atas dua yaitu data kualitatif berupa informasi dalam bentuk frame-frame (kata-kata) sedangkan data kuantitatif berhubungan dengan angka-angka numerik.

Pada perkembangan ilmu pengetahuan, data kualitatif dapat dijadikan data kuantitatif sehingga lebih memudahkan dalam penganalisaan dan penginterpretasian yang lebih baik.

Selain itu, pada program SPSS sendiri, analisa data yang telah di input sendiri akan diolah hanya dalam bentuk kuantitatif sekalipun pada pelaksanaan kerja sendiri dalam jendela windows SPSS, jenis kualitatif dapat dimasukkan namun harus dibuatkan pengkategorian sehingga terdapat kesamaan dari banyaknya persepsi akan informasi dari data kualitatif.

Selain itu, pengetahuan tentang skala juga harus dimiliki oleh setiap pengolah data sehingga akan membantu dalam perumusan kategori pada proses pengolahan data. Skala ini bermacam berupa skala numerik, ordinal, interval dan ratio. Untuk lebih jelasnya tentang data diharapkan untuk memperoleh pengetahuan tambahan dari referensi lain. Jika penulis paparkan disini mungkin akan membutuhkan ruang dan waktu yang cukup lama.

  1. Uji statistik

Pengetahuan tentang pengujian statistik akan membantu dalam penginterpretasian data yang dimasukkan. Jenis uji statistik tertentu akan digunakan sebagai bentuk peninterpretasian akan berbeda sesuai dengan kehendak yang diharapkan dari pengolahan data.

Pada pengolahan menggunakan SPSS 15.0, jenis uji statistik telah mendapat penyempurnaan dan penambahan dengan tingkat akurasi yang tidak diragukan lagi namun dalam penggunaannya harus sesuai dengan jenis dan metode riset dari data yang diolah sehingga interpretasi yang dihasilkan sesuai dengan harapan.


Bagan Jenis Uji Statistik


  1. Metode Penelitian

Pengetahuan tentang metode penelitian (metode riset) juga harus dimiliki oleh setiap yang akan menyelenggarakan pengolahan data sehingga dalam proses pengentrian dan analisa data akan sesuai dengan pemilihan jenis pengujian statistik dari data.

Jenis penelitian pada dasarnya dibedakan atas penelitian kualitatif dan kuantitatif namun pada penggunaan SPSS, pengetahuan tentang penelitian jenis kuantitatif sangat diperlukan sehingga membantu dalam penentuan jenis pengujian statistik yang digunakan.

Bagan Jenis Penelitian

Bagan jenis metode penelitian diatas mudah-mudahan dapat membantu anda untuk penemuan referensi tentang penelitian itu sendiri.

Beli Sekarang :

Chat WhatsApp

Komentar (0)