-->

Mahir Pengolahan Data Dgn SPSS 1


Pendahuluan

Perkembangan ilmu pengetahuan merupakan tonggak dasar dari perkembangan berbagai software perkembangan komputer sebagai media penunjang aktivitas manusia dalam rangka perwujudan tingkat efektifitas dan efisiensi termasuk pencapaian hasil yang lebih maksimal.

Tidak terlepas dari hal tersebut, keadaan sosial kemasyarakatan pada lingkup masyarakat pun menunjukkan perubahan pada arah peningkatan derajat kemanusiaan yang lebih baik.

Aspek sosial kemasyarakatan ini merupakan tonggak terhadap pengaruh berbagai stabilitas kehidupan masyarakat. Oleh sebab itu, pengetahuan mendasar akan sosial kemsyarakatan itu sendiri merupakan acuan yang lebih mendasar dalam rangka menunjang berbagai perbaikan masalah sosial kemasyarakatan yang timbul.

SPSS hadir sebagai sofware package akan membantu berbagai upaya identifikasi dan bahkan mungkin akan membantu dalam penyusunan rencana tindak lanjut sebagai bentuk upaya penanganan berbagai masalah sosial kemasyarakatan yang timbul.

SPSS merupakan singkatan dari Statistical Package fos Social Science yang merupakan sebuah program aplikasi yang memiliki analisis data statistik yang cukup tinggi dan memiliki operasi manajemen data dengan metode pengoperasian yang cukup sederhana. SPSS ini digunakan untuk menganalisis data-data sosial kemasyarakatan yang dapat menyangkut sikap, pengetahuan, daya beli, kemampuan individu, kemampuan bayar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan aspek kesosialan.

SPSS dihadirkan sebagai wujud tuntutan dalam dunia sosial kemasyarakatan yang semakin prularis tanpa adanya keseimbangan dalam perubahan wujud yang semakin prular tersebut. Adanya berbagai masalah yang timbul maka dibutuhkan upaya pengidentifikasi berbagai aspek yang turut mempengaruhinya dan SPSS sebagai program berbasis windows dihadirkan untuk menjawab berbagai kebutuhan bagi pengambil kebijakan yang lebih baik.

Kehadiran SPSS sendiri telah mengalami perkembangan dari tahun ke tahun yang mulai dari sistem operasi berbasis dos sampai pada operasi berbasis windows sebagai perkembangan terakhir dunia komputer sekarang ini.

Adanya pengetahuan dasar dari program ini tentunya merupakan harapan bagi setiap pengambil kebijakan dalam perumusan rencana kegiatan organisasi untuk memcau produktifitas. Berdasarkan hal tersebut, maka saya merasa memiliki kesadaran untuk memberikan pengetahuan berdasarkan pengalaman keseharian dalam pengolahan data menggunakan SPSS terutama dalam bidang kesehatan dan ekonomi sosial.

Program SPSS yang pertama kali di buat dengan nama SPSS/PC+ yang masih berbasis teks dan masih memiliki kekurangan dalam pengoperasiannya karena masih menggunakan kode eksternal dan membutuhkan bantuan software lain yang berupa editor. Program SPSS yang sekarang diluncurkan mengikuti perkembangan program komputer dalam bentuk aplikasi windows dimana aplikasi ini memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan aplikasi sistem DOS, WS dan Lotus karena kemudahan dan kecepatan dalam penggunaan dan pengoperasiannya.

Sampai sekarang ini, berdasarkan hasil pantauan dari penulis sampai akhir tahun 2007, perkembangan SPSS sendiri sudah mencapai pada versi 17 namun pada kesempatan ini, penulis akan menuturkan berbagai kegiatan yang akan dilakukan dalam pengolahan data menggunakan SPSS versi 15

Pada dasarnya penggunaan software SPSS sendiri memiliki prinsip kerja yang sama dengan SPSS versi sebelumnya. Namun seiring dengan perkembangannya, adanya tambahan fitur termasuk kemampuan pengolahan data sehingga mendapat perubahan dimana pada versi terbaru memiliki kemampuan pengolahan yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya

Harapan dari penulis sendiri, semoga dengan referensi sederhana ini akan memperkaya khasanah keilmuan bangsa untuk menguak berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan yang lebih kompleks sehingga dapat diusung sebuah rencana tindakan yang lebih bijak dalam penyelesaian masalah tersebut.

Beli Sekarang :

Chat WhatsApp

Komentar (0)